JANGAN KLIK INI jika Anda tidak yakin....

Jumat, 22 April 2011

Tutorial dan Praktikum Flash # 04 : MEMBUAT BINTANG DAN AWAN

Sebagai tambahan dalam pembuatan bulan, pada tutorial di bawah ini akan membahas cara membuat bintang dan awan sehingga akan terbentuk suasana langit di malam hari. Sama dalam pembuatan bulan, pada pembuatan bintang dan awan ini juga mengandalkan filter.

1. Bukalah fla yang terdapat pada tutorial bulan. Buat ukuran bulan sedikit mengecil dan tempatkan di bagian kiri atas stage
2. Lock Layer 1 lalu tekan tombol Insert Layer pada timeline.
Tekan tombol di tempat kursor berada pada gambar di atas, untuk lock layer 1

3. Pada layer yang baru, buatlah sebuah lingkaran cukup kecil di stage (akan digunakan sebagai bintang). Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan bintang sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
4. Klik movie clip bintang di stage dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul tekan tab filters
5. Setelah berpindah ke panel filters, tekan add filter dan pilih Glow. ubah Blur X menjadi 5, Blur Y menjadi 5, Strength 100%, Quality Low, dan color berkode #CCCCCC
bintang1
Tampilan pada Glow 1 movie clip bintang
6. Tekan add filter lagi dan pilih Glow. Pada Glow yang muncul masukkan settingan berikut : ubah Blur X menjadi 33, Blur Y menjadi 33, Strength 100%, Quality High, dan color berkode #FFFFFF
bintang2
Tampilan pada Glow 2 movie clip bintang
7. Pastikan anda masih menyeleksi movie clip bintang di stage lalu tekan Ctrl+D sebanyak 15 kali. Letakan masing-masing bintang seperti di bawah ini:
tampilanbintang
Letak bulan dan bintang
8. Lock layer 2 kemudian tekan tombol Insert Layer pada timeline lagi.
lock
Tekan tombol di tempat kursor berada pada gambar di atas, untuk lock layer 2
9. Pada layer yang baru buatlah sebuah objek berupa shape berwarna hitam tanpa garis yang akan digunakan untuk awan. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan awan sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
awan
Gambar awan
10. Klik movie clip awan di stage dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul ubah Color menjadi Alpha 64%. Jika sudah tekan tab Filters.
11. Setelah berpindah ke panel filters, tekan add filter dan pilih Blur. Ubah Blur X menjadi 20, Blur Y menjadi 20 dan Quality Low.
blurawan
Tampilan Blur movie clip awan
12. Pastikan anda masih menyeleksi movie clip awan di stage lalu tekan Ctrl+D sebanyak 3 kali. Letakan masing-masing awan seperti di bawah ini:
tampilanawan
Letak awan
13. Hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini :
Gambar bintang dan awan
14. Jumlah duplikasi dan letak masing-masing objek dapat anda ubah sesuai selera.
Sourcenya dapat di download di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Mitra usaha - Web Advertorial